√Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Gambar Peta Kota - Info Lecak
Belajar tentang Bahasa Inggris sebenarnya penting, karena seperti kita ketahui bersama bahwa bahasa inggris saat ini adalah bahasa internasional, jadi akan sangat bermanfaat bagi kita bila mampu menguasai bahasa inggris, syukur-syukur mahir dan tidak hanya sekedar tahu. Baiklah untuk penbahasan lengkap mengenai Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Gambar Peta Kota bisa sobat simak langsung dibawah ya.
Uraian Lengkap Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Gambar Peta Kota
Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Peta Kota – Mengajar bahasa Inggris tentulah harus kreatif, semua itu dilakukan agar siswa tidak bosan dan terus ingin menggali apa yang ada di dalam bahasa internasional tersebut. Nah, salah satu media pembelajaran bahasa Inggris adalah menggunakan peta kota atau map town. Di bawah ini ada penjelasan bagaimana menggunakannya, dan sebuah games yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan ketertarikan tambahan kepada siswa.
Media Pembelajaran Bahasa Inggris SMP
Media yang digunakan : Peta Kota (Town Map)
Tujuan Pembelajaran : Untuk melatih Speaking, Vocabulary dan belajar Preposition of place
Prosedur :
1. Guru Menggantung Gambar Peta Kota di depan Kelas.
2. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diminta untuk mengidentifikasikan nama-nama tempat atau bangunan yang ada di dalam peta dalam bahasa Inggris. Contohnya: taman kota = City Park, Kantor Post= Post Office, Stasiun= Station. Kegiatan yang pertama ini akan membantu siswa menambah Vocabulary mereka tentang tempat dan bangunan yang biasa mereka temui sehari-hari di kota. Setelah selesai mengidentifikasikan semua tempat dan bangunan yang ada di dalam peta. Setiap perwakilan kelompok dengan bantuan guru diminta untuk maju ke depan kelas dan melafalkan nama tempat atau bangunan dalam bahasa inggris dengan cara menunjukannya di dalam peta.
[sc:kodeadsense]3. Setelah mengetahui semua nama tempat dan bangunan dalam bahasa inggris. Siswa belajar mengenai preposition yang berkaitan dengan letak suatu bangunan atau tempat dalam peta. Pertama guru memberikan penjelasan-penjelasan mengenai preposition of place kepada siswa beserta contohnya.
Contoh :
1. On = on Sudirman street
2. At = at National Bank
3. Beside = beside bookstore
4. Near = near station
5. Next to = next to post office
6. Along = along Sudirman street
7. Between = between police office and mall
8. Behind = behind supermarket
9. In the middle of = in the middle of Sudirman street
10. Away from = away from city park
Setelah siswa belajar mengenai prepotition of place, mereka di minta untuk mengidentifikasikan semua letak tempat atau bangunan yang ada di dalam peta bersama kelomponya dibantu oleh guru. Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Guru juga bisa mengadakan sebuah game atau permainan di dalam sesi ini. Game tersebut adalah “where is the place?”. Caranya, guru menanyakan letak tempat atau bangunan di dalam peta kemudian setiap kelompok berebut menjawab pertanyaan dari guru tersebut. Kelompok yang paling banyak menjawab dan benar keluar sebagai pemenang.
4. Setelah belajar vocabulary dan Preposition of place dengan baik. Siswa kemudian berlatih speaking skill dengan bermain peran atau melakukan percakapan di depan kelas. Pertama guru memberikan contoh percakapan tentang “asking and giving for direction” seperti contoh berikut :
A: excuse me, could you tell me where the post office is ?
B: sure, the post office is on Sudirman Street near the city park
A: thank you!
B: you are welcome
Setelah diberikan contoh, siswa diminta untuk memperagakan percakapan asking and giving for direction di depan kelas berpasangan dengan teman sebangkunya. Guru meminta siswa berperan sebagai penduduk kota dan orang asing yang tersesat. Dengan melakukan role play atau percakapan yang akan membantu siswa melatih speaking skill mereka.
Tips untuk guru:
Guru dianjurkan untuk menggunakan peta yang lengkap dan berukuran besar sehingga memudahkan siswanya dalam belajar. Guru berperan sebagai pendamping dalam penggunaan media ini. Sedangkan, siswalah yang harus berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Guru harus mengikuti langkah-langkah kegiatan pembelajaran seperti yang telah disebutkan di atas dan jangan mengacak langkah tersebut karena akan menimbulkan kebingungan bagi siswa.
Bagaimana apakah ulasan kami tentang Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Gambar Peta Kota sudah bisa dipahami? Semoga saja demikian adanya. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah meluangkan waktu mampir ke situs infolecak .blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Jika masih ada pertanyaan lain, bisa menyampaikan melalui kolom komentar. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya.
Post a Comment for "√Media Pembelajaran Bahasa Inggris & Games Untuk Siswa SMP Menggunakan Gambar Peta Kota - Info Lecak"